Beginilah Perkembangan Bayi Usia O-12 Bulan Masa Pertumbuhan

Umumnya pertumbuhan bayi secara normal dapat dilihat dari perkembangan dari tubuh bayi itu sendiri. Banyak yang menandakan hal-hal dari perkembangan bayi salah satunya adalah dari tatapan tajam dari bayi seakan terheran-heran dengan lokasi penglihatan itu menandakan visualnya mengalami peningkatan, biasanya ini terjadi di usia 0-3 bulan secara langsung memberikan kode tatapan penuh kasih sayang dan menggemaskan ini berlaku untuk bayi perempuan dan laki-laki, tidak perbedaan signifikan di masa pertumbuhan.

Berdasarkan pengalaman dari seorang ibu, masa pertumbuhan perkembangan bayi sudah dapat di rasakan di bulan pertama dimana pada usia ini bayi sudah dapat mengungkapkan dengan tagisan dan sentuhan, bila bayi lapar biasanya si kecil akan menangin untuk memberi sinyal lapar tidak hanya itu di usia 1 bulan juga si bayi sudah bisa mengungkap dengan pengangan jari ibu.

Perkembangan Bayi
Image from www.usa.philips.com
Lanjut dengan bulan kedua, disinilah perkembangan otak bayi sudah bekerja berdasarkan penglihatan si kecil biasanya ingin meraih apa yang di lihat, di bulan ini sudah bisa di berikan mainan stimulasi yang ada di tempat tidur ( box bayi ), mengemut jempol dan memasukkan benda disekitar ke mulut, yang merupakan tahap pengenalan dari setiap apa yang ia pegang.

Bulan ketiga-Bulan ke lima, tatapan sudah mulai jauh serta merasa kebingungan di area sekitar, biasanya di umur ini, bayi cenderung mudah di diamkan apabila menangis, cukup memberikan benda atau mainan otaknya akan bekerja secara cepat ingin mengetahui lebih jauh dari apa yang diberi ke sikecil, perkembangan bayi diusia ini sudah merupakan tingkat lanjut masa pertumbuhan bisa dikatakan manusia mungil telah muncul. Artikel terkait : Kumpulan nama bayi dan arti lahir berdasarkan bulan.

Usia Keenam-Bulan kesembilan, ia mulai duduk dan merangkak, memegang segala benda yang ada disekitar, agak sedikit rewel. Sambil duduk, ia akan mengamati dan meraih apapun yang bisa ia genggam dengan tangannya. Setelah bosan, ia akan merangkak untuk mengeksplorasi apa yang menarik di sekelilingnya dan mengamatinya kembali.

 Usia Kesepuluh-Bulan Duabelas, berdiri dan belajar berjalan akan menjadi tantangan menarik baginya, walaupun terkadang jatuh ia merasa senang dengan apa yg dilakoninya. Ia bisa memungut benda jatuh dengan ibu jari dan telunjuk. Ia bahkan sengaja bermain-main dengan mainan yang ia jatuhkan, memungut, lalu menjatuhkan kembali mainan itu, perkembangan bayi ke tingkat lanjut inilah, sudah bisa mengajarkan hal-hal yang baik seperti bermain huruf, mengenal angka, memberi nama-nama hewan dan lain-lain.

Nah, itulah beberapa pembahasan mengenai perkembangan bayi dari umur 0-12 bulan. Dari uraian masa pertumbuhan pada bayi di ambil hanya dari garis besarnya saja dari ibu-ibu, bilamana perkembangan bayi tidak bertumbuh secara normal, diharapkan berkonsultasilah ke dokter bayi, agar segala tindakan dan cara asuh dapat di lakukan secara baik.
Baca juga : Gambar Bayi Lucu dan Menggemaskan.