Cara Membuat Berbagai Jenis Kue Donat Dengan Lembut

Cara Membuat Berbagai Jenis Kue Donat Dengan Lembut - Pada beberapa waktu lalu blog jesica sudah pernah membahas tentang cara membuat berbagai macam makanan berbahan ubi kayu dan resep makanan terbuat dari pisang. Dipembahasan tersebut kita menggunakan bahan alami yaitu buah pisang dan ubi kayu dimana proses pemasakan atau pembuatan tidak terlalu rumit dan sangat gampang untuk dilakukan. Lain halnya dengan pembahasan kali ini yakni cara membuat berbagai jenis kue donat dengan lembut, yang proses pembuatannya sedikit agak sulit dan juga tidak menggunakan bahan buah-buahan serta pembentukan donat dibutuhkan ketelitian agar donat terlihat bulat sempurna dan lembut empuk.

Jenis Kue Donat

Disamping sebagai ujicoba pembuatan roti donat ini, adahal menarik yang patut dilakukan disaat pembentukannya, dimana dari segi tampilan dan jenis dapat kita atur sesuka hati mulai dari penempatan messeres, kacang kecil, tart lukis dan lainnya. Donat memang terlihat menarik dari segi bentuk, mempunyai khas tersendiri layaknya seperti cincin roti bulat yang ditengahnya ada bolongan. Adonan donat juga tidaklah sulit untuk dicari, bahkan sangat umum ada di warung-warung seperti tepung terigu, gula, pengembang makanan, kentang, pewarna yang dengan mudah dibeli.

Bagaimana proses pembuatannya, berikut blog jesica akan menyajikan artikel mengenai Cara Membuat Berbagai Jenis Kue Donat Dengan Lembut, ingat pembuatan nya sederhana namun dibutuhkan ketelitian agar donat nantinya terasa lembut.
Bahan : 
- Tepung terigu sebanyak 1/2 kg
- Gula sendok pasir sebanyak 4 Sendok makan
- Mentega sebanyak 3 Sendok makan
- Ragi instan sebanyak 11 gram atau 1/2 bungkus
- Air sebanyak 200 cc
- Susu bubuk dan kental sebanyak 3 Sendok makan
- Garam sebanyak 2 sendok teh ( lebih kecil dari sendok makan)
- Telur sebanyak 2 butir 
NB : Bahan diatas hanya disajikan dalam 4-5 donat saja, selanjutnya jika hal ini berhasil dilakukan, dapat menambah bahan sesuai dengan porsi selera anda.

Caranya Membuat Donat Lembut dengan sederhana:
 1. Terlebih dahulu 2 butir telur dikocok (rekomendasi pakai pengkocok telur elektrik) hingga menghasilkan busa banyak, kemudian campurkan garam, gula pasir, susu, tepung terigu dan mentega, setelah itu aduk hingga rata.

 2. Setelah itu masukkan ragi ke dalam air dan adalah hingga merata, kemudian masukkan ragi ke dalam adonan yang sudah dibuat diatas, setelah itu uleni adonan tersebut sampai kalis (adonan sudah tidak lengket atau hancur jika diangkat), masukkan dalam wadah tertutup dan diamkan selama 30 menit sampai adonan mengembang

 3. Jika sudah di diamkan selam 30 menit dan adonan sudah mengembang, sekarang saatnya ambil adonan sebanyak 1 sendok makan dan bulatkan. setelah itu campurkan adonan yang sudah dibulatkan tersebut ke dalam tepung terigu supaya adonan tersebut tidak lengket. Lakukan cara tersebut berulang-ulang sampai adonan habis, kemudian agar adonan terlihat mengembang, biarkan selama 30 menit

 4. Setelah di diamkan selama 30 menit dan adonan yang sudah dicampur tepung terigu mengembang, sekarang saatnya anda memanaskan minyak goreng, adonan yang sudah diberi tepung jangan lupa dikasih lubang. setelah minyak goreng memanas, masukkan adonan donat tersebut kedalam minyak goreng, dan gunakan api kecil, tunggu sampai donat berubah warna menjadi kecoklatan, setelah itu angkat donat dan biarkan hingga donat dingin.

 5. Setelah donat dingin, kemudian olesi donat tersebut dengan mentega, lakukan cara tersebut berulang-ulang. setelah itu taburi dengan ceres, keju, strawberry atau bahan-bahan sesuai selera yang anda inginkan

6. Selesai, sudah dapat disajikan.

Mengenai takaran sesuaikan dengan banyaknya tepung terigu agar gula dan campuran lain tidak berlebihan.
Baca juga : Cara membuat alis tampak cantik dengan mudah