Cara Mendidik dan Mengajarkan Anak Cepat Membaca

Cara Mendidik dan Mengajarkan Anak Cepat Membaca - Mendidik anak sudah tentu tidak luput dari peran orang tua sebagai pembimbing untuk mengajari anak agar pintar. Tidak hanya pintar dalam membaca, sikap baik juga perlu diterapkan keanak supaya kelak menjadi dewasa ajaran baik selalu dilakukan baik dilingkungan sekolah, keluarga maupun dilingkungan lainnya.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan anak suka melawan atau bersikeras dengan kemauan sendiri, hal itu mungkin dipengaruhi oleh orang disekitar lingkungan, acara televisi yang tidak mendidik dan mungkin saja itu dari sikap orang tua sendiri. Jika ada pertengkaran antara orangtua diharapkan Jangan didepan anak, fakta membuktikan anak akan mengikuti tingkah laku dari orangtua.

Agar tidak menjadi anak yang nakal, seperti dibeberapa waktu lalu dimedia sosial facebook, seorang anak membuat status yang memaki-maki orangtuanya sendiri melalui jejaringan tersebut, sungguh tidak memiliki moral dan akhlak. Baca : Status facebook anak durhaka.

Belajar membaca
Image from : rebelmouse.com

Kembali ke topik permasalahan, pada kesempatan kali ini blog jesika akan berbagi mengenai Cara Mendidik dan Mengajarkan Anak Cepat Membaca. Ada berbagai cara agar anak diusia dini dapat membaca dengan mudah yaitu :

1. Membaca dengan menerapkan lirik lagu
Sepintas memang agak aneh, namun fakta dilapangan dengan cara membaca sambil bernyanyi merupakan cara paling jitu untuk melatih anak dalam membaca, cara nya cukup mudah, upayakan sianak diberi beberapa lagu yang mudah ejaannya, setelah sikecil mengetahui dan dapat mengikuti lagu yang didengar, berikan lirik lagu untuk dibaca atau baca sambil bernyanyi.

2. Membacakan Dongeng sambil mengarahkan ejaan cerita ke Anak
Kalau dengan cara ini butuh kesabaran ekstra untuk diterapkan ke anak, dimana disini anda akan jadi panutan terlebih dahulu, biarkan sianak berangan-angan terlebih dahulu dengan cerita dongeng yang anda ceritakan, setelah itu berpura-puralah menanyakan kembali cerita yang sudah diceritakan ke anak, sambil menunjukkan bait demi bait yang ada dibuku.

3. Belajar membaca dengan alat tambahan Media
Ada banyak media yang bisa anda gunakan sebagai alat bantu mengajarkan anak cepat membaca, salah satunya dengan video, televisi, tablet dll

4. Jangan memaksa kehendak anda
Ini yang sering terjadi dilakukan dalam hal mendidik, dengan cara ini perlu anda buang jauh-jauh karena jika anda memaksakan kehendak anda dalam mendidik anak, maka kemungkinan besar anda akan kecewa dan ujung-ujungnya emosi yang keluar. Ikutilah kehendak anak, bila tidak mood mungkin dilain waktu dilakukan lagi.

5. Atur jadwal belajar membaca
Mengatur jadwal juga bagus di terapkan dari kecil, ini agar membuat sianak lebih displin dalam belajar dan membaca.

6. Membaca memeggunakan mainan alfabet
Cara ini sudah hampir diterapkan diseluruh sekolah taman kanak-kanak, dengan cara ini anak lebih suka diajarkan membaca sambil bermain tanpa ada unsur paksaaan jadi mereka lebih suka, biasanya dengan cara ini tahap pengenalan huruf-huruf.

7. Beri Hadiah jika sudah bisa membaca
Cara ini bisa anda abaikan, namun tidak ada salahnya memanjakan sianak apabila sudah bisa membaca, karena dengan cara ini dapat memberi semangat lebih untuk lebih giat lagi dalam membaca. Tapi jangan keseringan memberi hadiah bisa-bisa anak makin manja.

Itulah beberapa tips Cara Mendidik dan Mengajarkan Anak Cepat Membaca, saran saya ajarilah anak dengan kelembutan, jangan memukul apabila anak tidak moob dalam belajar, jauhi kekerasan terhadap anak. Semoga bermanfaat.